Ego = hawa nafsu, nafs=Self

ya ini analisa sementara saya tentang Ego dan Self, jika Ego itu hawa nafsu, dan jika self itu nafs. tentunya terminologi islam dan psikologi ini memiliki beberapa perbedaan, nah itulahyang perlu kita kajibersama. sebab susah juga mencari pandanan yang pas untuk hawa nafs dan nafs. baiklah sementara ilmu yang saya dapatkan adalah ini maka kita gunakan terminologi ini, semoga nanti Allah ilhamkan ilmu yang baru lagi.

Belajar ketuhanan tidak harus meninggalkan dunia kita hanya menempatkan bagian diri kita yang memang berurusan dengan dunia yaitu self, biarkan dia makan mencari kesenangan asal tidak ci campuri dengan ego atau hawa ini. sebab jika mencari dunia dengan hawa nafs maka bisa dipastikan porsinya akan berlebihan. Gunakan self untuk mendapatkan makanan lezat, mobil mewah dan keperluan dunia lainnya , insya Allah Self sudah tahu ukuran seberapa banyak yang dia perlukan.

untuk meredam ego seseorang harus mau untuk merelakan dirinya termasuk self berserah kepada Allah, karena Allah mengatur semuanya dengan fitrah maka ketika diri ini berserah kepada Allah denga total maka kita akan berjalan sesuai dengan fitrah yang dikehendaki Allah.

Author: Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam Dosen Fakultas Psikologi UMS

5 thoughts on “Ego = hawa nafsu, nafs=Self”

  1. Assalamualaikum wr wb..pak pur,Sebelum kenal silatun dan sebelum menjamah patrap.. Hampir ditiap tindakan dan prilaku keseharian saya terasa kaku dan takut salah,hati ini selalu berkata”,apakah ini di izinkan allah atau tidak,karna aturan agama yg saya komsumsi selama ini,terlalu nyelimet dan tidak jelas,ternyata disinilah letak perbedaannya pak pur.yang harus beragama ternyata adalah hawa,self,ego,nafsu.termasuk pikiran,jiwa,hati dansebagainya.
    Sukurnya pak pur skrg slalu terbit tiap hari,saya sangat senang,krn ada saudara tua saya yg mengiringi perkembangan spiritual yang saya masuki… TERIMAKASIH YA ALLAH.. ENGKAU BAIK.

    1. waalaikum salam , wr pak Indera masuk agama Allah ini kan harus kaffah ya… artinya jiwa kita masuk agama islam termasuk juga pikiran, hati, nafs, hawa nafas… dan sebagainya. semoga kita bisa berjalan bersama menuju kepada Allah salam.

  2. Assalamualaikum wbt,
    Jadinya yang perlu kita redam ialah kedua-duanya sekali kan Ustaz iaitu ego dan self itu sendiri kita berserah secara total seratus peratus kepada Allah.Maknanya seiring sekaligus.

    1. aalaikum salam wr wb, benar Bu fida, berserah total nanti akan berdiri sebenar benar self dan dan ego pun tiada (fana)

      1. Alhamdullilah,
        terima kasih Ustaz,sangat jelas sekali penerangan dan jawapannya.Sangat membantu dalam pemahaman dan praktikalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.