hubungan al hadid 16 dan al baqoroh 45-46

sura al hadid ayat 16

ayat ini menunjukan bahwa khusyu adalah bentuk kesadaran dari dzikir

tidak mungkin dzikir yang dimaksud dalam ayat di atas adalah dzikir yang hanya di bibir saja atau di pikiran saja, hanya dzikir yang dengan kesadaran sajalah yang dapat menimbulkan kekhusyuuan. hal ini sama terkait dengan surat al baqoroh 45 dan 46 yang menyebutkan tentang ciri ciri orang yang khusyu. disebutkan dalam ayat tersebut bahwa orang yang khusyu adalah orang yang SADAR bahwa dirinya sedang bertemu dan kembali kepada Allah. dan jika kita khusyu seperti yang disebutkan ayat ini maka kita akan dapat melakukan sabar dan sholat dengan benar, dan jika kita dapat sabar dan sholat dengan benar maka kita akan ditolong Allah apapun kesulitan kita.

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلاَقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

” Dan mintalah pertolongan ( kepada ) Allah dengan sabar dan sholat.

Dan sesungguhhya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang  khusu’ , (yaitu ) orang-orang yang menyakini , bahwa mereka akan menemui Robb-nya dan bahwa mereka akan kembali kepad-Nya ” ( QS Al Baqarah : 45 -46 )

(terimakasih kepada ust fahru rozi yang telah menyadarkan saya tentang ayat ini)

4 Comments

  1. eno 23/10/2012
  2. marsuki 25/10/2012
    • Setiyo 26/10/2012
  3. taufik 24/05/2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.