Islam jaman Rasulullah yang tidak ribet

ISlam awal didirikan Rasulullah, sangat simple dan sederhana, tapi kemajuan islam mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kebalikan dengan sekarang, saat ini islam ini ribet, tidak sederhana dan banyak hal lain … tapi kemajuan islam tidak mengalami akselerasi yang sebanding dengan pengorbanan, perjuangan umat islam , dari mulai ngaji, beribadah, membangun sekolah sekoalh islam, mendirikan pergerakan islam dan lainnya. Jaman Rasululah tidak banyak ilmu, cukup berpegang lurus ke Allah dan mengikuti sunah rasulullah sudah cukup. Kalau sekarang banyak ilmu yang dipelajari dari mulai fiqh sampai ilmu tasauf yang kalau dipelajari sampai mati tidak akan ada habisnya.

Ternyata kunci keberhasilan Rasulullah dalam berdakwah adalah keberhasilan Beliau mengajak umat islam waktu itu untuk mengikuti kehendak Allah. Secara mudah umat islam hanya di ajak Rasulullah untuk siap menerima amanah dan menjalankan perintah Allah. Pergerakan islam dengan menjalankan perintah Allah dalam setiap amanah yang di emban menjadi kunci keberhasilan jaman dulu dan jaman sekarang. Berperang pada waktu Rasulullah tidak untukĀ  kekuasaan tapi karena menjalankan perintah Allah SWT. Semangat menjalankan perintah Allah inilah yang sangat motivated bagi para sahabat untuk berperang hingga eropa.

Kalau kita mau fokus pada ajaran rasulullah yang amanah maka islam ini simpel dan berkemajuan. Umatnya tidakĀ  disibukkan dengan mempelajari islam saja tapi lebih disibukkan dengan menjalankan perintah Allah dalam setiap amanah. Ilmu yang digunakan adalah ilmu laduni yaitu ilmu yang di dapat karena menjalankan bukan karena pengajian tiap ahad….. Model pembelajaran yang digunakan adalah belajar kepada Allah dimana Allah akan mendidik dengan ilmu laduni. Semakin kita menjalankan agama atau menjalankan perintah Allah maka Allah akan memberikan llmu dan itu berjalan terus. Sehingga kemajuan islam ini akan benar benar terjadi. Sebab ilmu yang digunakan bukan ilmu manusia tapi ilmu laduni yang diturunkan kepada siapa saja yang mau menjalankan perintah Allah. Ilmu manusia adalah ilmu usang, misalnya kitab kitab kuno maka itu sangat bagus pada jamannya, dan itu dikatakan usang pada masa sekarang, karena ilmu dalam kitab itu adalah ilmu laduni yang diberikan Allah sekian abad yang lalu.

Kita ingin islam ini sederhana saja, tidak jlimet, coba mulai sekarang gunakan kesederhanaan ini yaitu dengan menjalankan perintah Allah dalam setiap amanah yang kita terima, nanti Allah akan memberikan ilmunya. Biarkan buku buku karya ulama dahulu menjadi bahan referensi saja, acuan kita tetap pada ilmu laduni yang diberikan Allah karena kita menjalankan perintahNya. Jika umat islam seperti ini maka semua umat di dunia akan merujuk ke kita karena kita berhasil mengakses ilmu laduni ini. Jadi dari islam yang sederhana ini akan menjadi islam yang berperadaban, dan orang akan sangat tertarik dengan islam dan memeluk islam.

 

Author: Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam Dosen Fakultas Psikologi UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.