Jika Corona Tak akan Hilang …

Jika Corona tak akan hilang maka akan terjadi perubahan peradaban yang revolusioner. Perubahan peradaban itu misalnya, orang akan bekerja cukup dari rumah, sehingga penggunaan internet menjadi sangat penting. Tidak hanya bekerja, sekolahpun akan dilakukan dari rumah. dari perubahan ini saja akan memberikan efek karambol luar biasa terhadap kehidupan. Karena kegiatan utama ada dua hal yaitu bekerja dan sekolah. Ketika kegiatan utama itu hanya dilakukan di rumah bisa kita bayangkan akan terjadi beberapa usaha bisnis yang bangkrut alias tidak laku, tapi akan ada bisnis baru yang akan dibutuhkan dan akan bermuncul menggantikan usaha bisnis yang lama.

Dalam hal ibadah seseorang akan lebih individualis dari pada kegiatan kegamaan secara sosial.  Islam cukup banyak mengajarkan ibadah yang bersifat individualis atau yang tidak harus dilakukan secara jamaah. Kegiatan individualis itu antara lain dzikir, uzlah, tafakur, dan sejenisnya. Tentunya ini akan membawa keadaan spiritualitas yang lebih tinggi, sebab orang akan lebih dekat dengan Allah secara individualis. Lebih banyak berdzikir lebih banyak shalat sunah dan lebih banyak bertafakur di tempat sendiri.

Corona ini juga akan merubah peradaban akhlak secara mendasar. Kita lihat sekarang kita tidak bisa main main dengan social distancing, sebab kalau kita sombong dan nekat melakukan bepergian dengan jarak tempuh yang jauh akan berpotensi terjangkiti wabah corona ini. Tentunya ini sangat menghambat aktivitas bisnis yang memerlukan mobilitas tinggi. Negara negara besar yang rakyatnya memiliki mobilitas tinggi mengalami dampak korona yang sangat serius, banyak kasus kematian. Perubahan akhlak dari orang yang congkak menjadi lebih lembut dan merendah, bagi yang masih sombong dan merasa dirinya tidak terkena corona maka dirinya akan selalu di pukul Allah sampai di merubah ahklaknya. Jika bumi ini diisi dengan orang orang yang rendah hati maka akan terjadi perubahan peradaban ahlak yang luar biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.