Klenengan gamelan jawa pemicu jiwa menuju kepada Allah

saya akan sedikit mengulas tentang pengalaman saya menikmati klenengan jawa terutama yang klasik seperti di link youtube berikut : https://youtu.be/UOfydu4-eUI?si=jYkC8cZrEH2AdVdb&t=857
ada harmonisasi antara penyanyi, siter, dan suling gambang dan tentu peralatan musik gamelan lainnya. suara Sinden (penyanyi) yang cenderung dengan nada tinggi melengking membuat jiwa saya lebih jauh lagi melenting menuju kepada Allah, kemudian suara suling gambang membuat suasana luas, jauh, hening, kesendirian, dan hal ini membuat jiwa saya semakin terbebas dari ikatan ikatan jasad. suara siter (biola jawa) dan beberapa gamelan seolah mewakili keadaan jasad saya yang turut mendukung jiwa ini terbang melenting menuju kepada Allah. ada suara bonang dan alat lain mewakili pikiran pikiran saya, ada alat siter (biola) yang mewakili perasaan saya yang semuanya mengarahkan atau turut mengantarkan jiwa menuju kepada Allah.

Musik gamelan jawa ini ketika saya dengarkan membuat jasad dan jiwa saya terstimulasi untuk berspiritual. ya tentu ini pengalaman subjektif saya, karena saya ditinggal di jawa, yang sejak kecil sangat akrab dengan gamelan jawa klasik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.