kutu buku tanda kebodohan

selama ini penggalakkan kutu buku menjadi sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan berikuti rentetan perpus dan lain sebagainya. baca buku sih bagus bagus saja tapi kalau sampai mengalahkan kamauan untuk meneliti dan menulis wah kita akan selalu jadi umat yang selalu ketinggalan.
buku dibuat oleh orang yang meneliti (itu kalau hasil penelitian, lebih parah lagi kalau hasil kopi paste) nah kalau kita membaca buku berarti kita mempelajari dari hasil penelitian orang lain.. berarti kita akan selalu ketinggalan dan ketinggalan.
untuk itu dunia pendidikan ini seharusnya yang dikuasai oleh siswa adalah pembangkitan intuisi untuk meneliti dan mengamati. dari sinilah nantinya akan membentuk manusia yang produktif. produktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
kita ini selalu di pecundangi oleh ilmuwan barat dimana setiap meneliti harus berdasarkan penelitian yang sudah ada, daftar pustaka di buat berderet deret…. jadi semakin banyak daftar pustaka semakin nge top…. , coba sekarang kita lihat sigmund freud, adler, maslow dan lain lain.. beliau ilmuwan sejati karena mendasarkan ilmunya pada pengalamannya bukan pada dasar teori yang sudah ada. sehingga ilmunya orisinil dan dipakai sekarang (yang seharusnya harus ditinggalkan)
ilmu berkembang seiring dengan perubahan jaman.. nah ini yang menguasai adalah orang yang selalu update ilmunya yang berdasar pada perubahan jaman tersebut bukan pada buku yang baru terbit.
nah kutu buku harus segera kita tinggalkan, islam tidak mengajarkan untuk kutu buku, tapi islam mengajarkan untuk mengamati, meneliti, melihat, berpikir terhadap alam semesta.
cara berpikir kita harus melewati buku yang sudah ada bukan merujuk buku tersebut atau buku tersebut menjadi patokan.
kita sadar bahwa buku itu adalah hasil penelitian… orang cerdas adalah orang yang meneliti sendiri kemudian membukukan atau menuliskannya. orang mau baca terserah nggak terserah… bikin buku bagi seorang yang cerdas tidak untuk laris larisan atau komoditi perdagangan tapi untuk catatan bahwa telah dilakukan pengamatan atau penelitian.. dan yakin bahwa apa yang diteliti sebentar lagi akan berubah.. dan berubah.

9 Comments

  1. Indah Parmalia 23/04/2009
    • Setiyo Purwanto 24/04/2009
  2. tutuko 23/04/2009
  3. maswi 23/04/2009
  4. umu salma 30/04/2009
    • Setiyo Purwanto 01/05/2009
  5. Bara 09/05/2009
    • Setiyo Purwanto 12/05/2009
  6. wasil 28/05/2009

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.