Latihan Pra Silatun di Bekonang Sukoharjo

Metode ini memang agak berbedan dengan apa yang telah diajarkan oleh Ust Abu Sangkan. Latihan ini untuk mempersiapkan mental dan kejiwaan peserta agar lebih paham dengan konsentrasi ketika sholat. Peserta yang rata rata sudah berusia, membutuhkan pemahaman yang agak berbeda dengan biasanya. Latihan pra silatun ini diawali dengan merasakan, mendengarkan suara saya ketika membaca alfatihah, ternyata beberapa masih ada yang kesulitan dari kesulitan ini kesalahan paling banyak adalah konsentrasi menggunakan otak, padahal yang benar adalah merasakan. jika merasakan maka otomatis akan konsentrasi sendiri. saya mencontohkan kalau kita mencari suara jangkrik, jangkriknya ada dimana maka itu namanya konsentrasi, lain dengan kita menikmati suara jangkriknya maka kita tidak perlu berkonsentrasi cukup dengarkan dan nikmati suara itu.

Kemudian peserta saya minta untuk membaca sendiri alhfatihah lalu didengarkan sendiri.  jadi membaca kemudian didengar sendiri dan dirasakan sendiri bacaan tersebut. ternyata ini lebih mudah bagi peserta untuk lebih terkonsentrasi dibanding yang pertama tadi.

jamaah yang kira kira berjumlah 50an cukup antusias mengikuti pelatihan ini, dan ini pertemuan ke dua setelah sebulan yang lalu diadakan pelatihan serupa. rencana akan ada halaqoh rutin tiap bulan di Rumah Bu Atik Bekonang pada hari minggu keempat.

rencana saya metode pra silatun ini akan saya kembangkan dan akan saya praktekan ke jamaah baik yang ada difatimah ataupun di jamaah jamaah lainnya sehingga nantinya menjadi suatu metode yang memudahkan untuk mencapai silatun. pengenmbangan yang lain adalah pra tumakninah seperti yang kemarin malam waktu di panti asuahan mardhotillah gumpang.

7 Comments

  1. fairu 23/07/2007
  2. Setiyo Purwanto 24/07/2007
  3. albirru 03/03/2008
  4. Setiyo Purwanto 06/03/2008
  5. taulina 01/11/2008
  6. taulina 05/01/2009
  7. Setiyo Purwanto 06/01/2009

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.