Makna Patrap, antara patrap dan latihan patrap

patrap diambil dari bahasa jawa yang berarti perilaku yang memiliki kesadaran. seringkali patrap digunakan dalam bahasa jawa untuk menunjuk suatu perilaku yang tidak menggunakan kesadaran. misalnya patrapmu ora apik… artinya patrap mu tidak baik. sebenarnya patrap lebih pada perilaku yang berlandaskan suatu kesadaran tertentu yang menyebabkan suatu perilaku itu menjadi baik. sehingga jika tidak menggunakan kesadaran maka perilaku itu menjadi tidak baik.

orang yang berpatrap pasti memiliki dasar tertentu untuk bertindak, nah dasar ini lah yang ditanamkan sejak kecil terutama dasar dasar ketuhanan. arti patrap juga bisa mengandung makna menerapkan dalam kehidupan sehari hari.. patrap = terap = menerapkan.

pembekalan dasar dasar kehidupan (ilmu hakikat)  merupakan bentuk dari latihan patrap berusaha memahami makna hidup bagaimana cara hidup dan apa tujuan hidup. dasar dasar ini nantinya  menjadikan seseorang untukPATRAP artinya menerapkan apa yang sudah diperoleh dalam latihan patrap.

di dalam buku berguru kepada allah karya ust Abu Sangkan dijelaskan adanya mekanisme patrap1 patrap 2 , dan patrap 3 ini semua merupakan bentuk latihan patrap belum patrap itu sendiri. latihan kesadaran akan ketuhanan, jika pada patrap 1 kita menuju Tuhan, patrap 2 pasrah kepada Tuhan dan patrap 3 menyadari sepenuhnya akan adanya Tuhan. dalam buku tersebut diuraikan detil dimulai dari bab tentang bagaimana manusia ini beragama hingga di akhir bab diuraikan pengalaman pengalaman rekan rekan patrapis yang mengamalkan metode ini.

tulisan ini sekedar mengajak rekan rekan yang aktiv di halaqoh sholat khusyu khususnya rekan yang aktif malam jumatan dirumah (patrapan)  untuk tidak sekedar latihan patrap setelah latihan Allahnya ditinggal namun benar benar menggembleng diri untuk dapat membawa latihan patrap menjadi PATRAP yang sesungguhnya. mudah mudahan allah memudahkan jalan kita untuk selalu bersama bersanding menyadari sepenuhnya untuk menjadi saksi atas kesuciannya dan kebesarannya amin.

5 thoughts on “Makna Patrap, antara patrap dan latihan patrap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.