Memahami al quran dengan metode waskito Ali Imran 141-147

Alhamdulillah Allah memberikan pemahaman tentang bagiamana menjalankan amanah yang berat. Allah menunjukkan ayat nya di surat ali imran ayat 141 hingga 147. Pada awal ayat Allah menunjukkan bahwa Allah akan membersihkan dosa dosa bagi orang yang beriman, seperti apa orang yang beriman yang di hapus dosanya, yaitu orang yang berjihad dan sabar dalam menjalankan amanah.

yang menarik disini adalah kata jihad dan sabar, ini menjadi kunci utama dalam menjalankan amanah amanah Allah. Jihad bermakna bahwa apa yang kita lakukan adalah karena perintah Allah atau amanah, kemudian cara menjalankan adalah dengan sungguh sungguh, profesional, cepat dan tidak menunda pekerjaan. sedangkan kata sabar menunjukkan tentang sabar dalam menjalankan amanah tersebut. Orang sabar berarti dia memiliki sikap hardines atau sikap keras, fokus, dan berpendirian kuat. Orang yang berjihad dan orang yang sabar merupakan wujud dari kebersyukuran seseorang dalam menerima dan menjalankan amanah dan inilah yang akan mendapatkan balasan yang besar dari Allah, yaitu balasan untuk orang yang bersyukur (ayat tentang syukur ini di ulang di ayat ke 145)

pahala yang Allah berikan kepada orang yang berjihad dan sabar dalam menjalankan amanah Allah ada dua yaitu pahala dunia dan akhirat, yang mengharapkan pahala dunia akan Allah berikan dan yang mengharapkan pahala akhirat maka itulah balasan dari Allah yang lebih baik. Saya sedikit menyoroti perbedaan pahala dunia dan akhirat dalam ayat ini. kalau pahala dunia sudah pastilah, misalnya harta, kekayaan, kehormatan, sedangkan Allah lebih mementingkan pahala akhirat, pahala akhirat ini pahala yang tidak bisa kita pikirkan, pahala yang tidak bisa kita andai andaikan mislanya dengan pahala surga atau sejenisnya. Pahala akhirat adalah pahala yang tidak ada dalam pikiran dan persaan kita atau yang tidak ada dalam bentuk bentuk kesenangan kita. jadi orang yang mengharapkan pahala akhirat adalah orang yang hanya meniatkan karena Allah bukan karena pahala. sebab yang tidak serupa dengan apapun adalah Allah bukan surga dan bentuk pahala lainnya.

di ayat ke 147 Allah memberikan suatu tips dalam bentuk doa. Doa ini lah yang kita panjatkan kepada Allah dan akan kita lakukan untuk menjalankan amanah. Doa sekaligus perbuatan riil ini meliputi 4 hal : 1. Mohon di ampuni dosa kita, 2. diampuni dalam sikap berlebihan dalam menjalankan amanah (berarti kita harus memang berlebih lebihan, ini memang agak aneh, tapi kita memang harus berlebih lebihan dalam menjalankan amanah, dan permohonan ampun itu kita lakukan siapa tahu tanpa kita sadari ada bagian dari kesungguhan kita menjalankan amanah ada satu kekeliruan)

3. memohon ketetapan dalam berpendirian menjalankan amanah. berarti kita harus kokoh kuat, bakoh, keukeuh, tidak goyah dan terus istiqomah menjalankan amanah Allah ini.

4. Memohon pertolongan Allah dari para penghalang (ini berarti kita harus berpegang pada pertolongan Allah, dan waspada dengan orang orang kafir (orang yang menghalangi) sebab banyak tipu daya yang mereka lancarkan. kafir disini lebih pada bagaimana kita menghadapi orang orang yang tidak suka dengan amanah yang sedang kita jalankan dan dengan sengaja menghalangi setiap langkah yang kita jalankan.

di akhir ayat yaitu ayat ke 148 surat ali imran, Allah menyebut bahwa menjalankan amanah dengan jihad dan sabar adalah perbuatan baik dan itu akan mendapatkan balasan di dua tempat yaitu pahala dunia dan akhirat (tanpa kita menjadikan balasan ini menjadi tujuan perbuatan baik kita).

demikianlah Allah memberikan petunjuk kepada saya pada pagi ini. Alhamdulilah dengan memahami al quran dengan metode waskito ini saya banyak mendapatkan manfaat,motivasi dan semangat dalam menjalankan kehidupan. saya. Pemaknaan ini sebenrnya untuk saya saja, dan bisa jadi untuk pembaca bisa mendapatkan pemahaman lain.

Al quran adalah petunjuk bagi siapa saja yang bermaksud menjalankan amanah Allah dengan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.