Mengaku Beriman Disesatkan Syetan sejauh jauhnya

Ada ciri orang yang mengaku beriman ( yaz’umuuna annahum aamanu)   ciri utamanya adalah ketika ada masalah larinya tidak ke Allah tapi ke selain Allah. Ketika ada masalah , Allah ditinggalkan dan lebih percaya dengan yang selain Allah. Misalnya masalah ekonomi, dengan memelihara hewan hewan keberuntungan seperti ikan koi, perkutut, atau hewan hewan yang bisa dipercaya akan mengatangkan rizki. Atau percaya dengan benda benda seperti batu akik, keris, jimat, rajah dan sejenisnya.

bedakwah dengan orang orang yang demikian (orang yang mengaku beriman) caranya adalah dengan meninggalkannya, atau berpaling dengan mereka, sampai mereka  bertaubat (jā`ụka fastagfarullāha) kemudian baru diberikan penjelasan yang dapat masuk kedalam jiwa (tidak sekedar masuk dalam hati atau pikiran saja). (wa qul lahum fī anfusihim qaulam balīgā).

berpaling kepada Allah ketika ada masalah, seringkali muncul secara tidak sadar, maka Allahpun memberikan satu cara kepada kita agar kita sendiri harus melatih kesadaran kita agar selalu sadar Allah agar ketika kita mendapat masalah tidak berpaling kepada Allah. Mungkin kita mengatakan bahwa saya percaya dan yakin kepada Allah tapi kalau itu masih dalam pengakuan maka secara bawah sadar kita akan tetap belok ke selain Allah.  Bahkan sampai hal yang halus, misalnya kita lebih percaya dengan pertolongan doa kyai dari pada pertolongan Allah, kita lebih percaya  dengan sedekah dari pada percaya bahwa Allah memberikan rejeki, kita lebih percaya dengan shalat dhuha dari pada percaya bahwa Allahlah yang meluaskan rejeki. Mungkin disini anda bertanya atau bingung, nah itu tandanya anda secara bawah sadar masih sering terbawa keluar dari jalur Allah, artinya masih bisa terseret ke selain Allah, dan inilah pekerjaan syetan yang akan terus menerus menggoda dan menyesatkan (wa yurīdusy-syaiṭānu ay yuḍillahum ḍalālam ba’īdā)

note : tetap jalankan shalat dhuha, minta doa kyai, sedekah,  tapi jangan karena agar rejeki lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.