Menghentikan pikiran ketika sholat

Menghentikan pikiran dalam sholat caranya dengan mengaktifkan kesadaran kita kepada Allah. kesadaran adalah level yang lebih tinggi dari pada berpikir (sadar bukanlah kerja pikir), jika kita mengaktifkan kesadaran kita (dalam hal solat kita arahkan ke Allah) maka pikiran akan mengikuti kesadaran tersebut, artinya pikiran tidak bekerja sendiri dia mengikuti kesadaran kita. ketika pikiran mengikuti kesadaran sedangkan kesadaran kita fokuskan kepada Allah maka lama lama pikiran akan relaks dan tenang, pada saatnya pikiran tersebut akan menjadi istirahat total alias “tidak berpikir”.

menghemtikan pikiran saat sholat ini sangat penting jika kita ingin sholat kita menjadi khusyu, pikiran yang kemana mana tanpa arah yang jelas dan fokus maka sholat kita tidak akan khusyu.

jadi apa yang kita baca dan kita lakukan (gerakan sholat) kita wujudkan dalam bentuk kesadaran bukan berfikir, misalnya ketika kita sujud , bukan kita berpikir tentang sujud atau berserah, namun kita sadar sedang bersujud di depan Allah. misalnya kita sedang takbir bukan berpikir tentang kebesaran Allah tapi kita sadar bahwa Allah yang didepan kita maha agung. semua bacaan dan gerakan adalah kesadaran kita selama kita sholat.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
5 thoughts on “Menghentikan pikiran ketika sholat
  1. Askum,

    Ustaz..saya ingin bertanya, selepas mengikuti pelatihan salat khusyuk dgn Pak Abu dsabah..sekarang bila dlm salat fikiran udah tidak melayang dan sentiasa tenang getaran hati sudah tiada dan sudah tidak terganggu oleh keadaan sekeliling..apakah keadaan solat yg begini akan berada lama atau ada saranaan Ustaz untuk meningkatkan seterusnya.

    Syukran
    Mohd Sarif Attip
    Sabah

    • waalaikum salam
      jika ada halaqoh sangat baik untuk diikuti agar “power” nya tetap ada, kadang jika lama tidak berlatih bersama akan drop atau battery nya habis. itu saran sederhana saya… tapi yang paling penting adalah dengan mempraktekan apa apa yang sudah ktia dapatkan.

  2. Assalamualaikum wbt,
    Ustaz,
    Dalam berhalaqah dengan teman2, kadang2 ingin sharekan pengalaman solat dan patrap saya dengan mereka apa yg telah di alami,sekarang saya kurang bercerita hal tersebut bukan saya tidak berkenan ingin sharekan,cuma kerana mereka kata saya kebaruhan @terkejut culture shock .mereka dah lama alami, cuma saya musykil apabila mereka solat sangat pantas, jadi tenang dan hening itu lambat dialami atau sukar dlm saya solat, untuk itu saya turuti dengan solat sunat, pengalaman atau rasa yg saya alami dua minggu lepas sampai sekarang ustaz ialah perasaan gembira tidak mengira suasana sehingga ingin berteriak hendaknya..tetapi itu saya pasrahkan kepada Allah dan adukan padaNya,olehitu mudah2an Allah swt menuntun kita dlm agama yg hanif.luahan ini untuk share dlm blog Ustaz sebagai halaqah saya juga. mohon maaf sekiranya bahasanya kurang dmengerti,Almaklum Sabahan..
    Syukran Ustaz atas replynya.

    Sarif
    Sabah

    • waalaikum salam wr wb, saya sangat senang jika En Sarif share kan disini pengalaman pengalaman, semoga ini menjadi pelajarn bagi kita amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.