Menyelesaikan masalah dari yang mudah

mungkin pembaca masing ingat pesan kakek atau pesan orang tua kita, ketika kita akan berangkat ujian sekolah, kalau saya pesan yang masih terngiang adalah “kerjakan soal yang mudah dulu ya ” sekarang ternyata masalah hiduppun pesan itu masih saya gunakan, yaitu menyelesaikan masalah yang mudah dulu dan dapat diselesaikan.

Pesan orang tua saya waktu mengandaung dua unsur bahwa kita melakukan sesuatu yang dapat dilakukan dan dan mendesak untuk segera di selesaikan. sekarang ketika kita memiliki pekerjaan yang banyak maka kita buat suatu daftar mana mana pekerjaan yang dapat kita lakukan dan mendesak untuk segera kita selesaikan. Daftar check list ini penting agar kita tidak terjejali dengan berbagai masalah yang harus kita selesaikan tapi kita tidak melakukan apapun , karena seolah olah masalah yang harus kita selesaikan sangat besar dan sangat rumit sehingga pikiran kita terbebani dengan sangat berat, yang berakibat pada perilaku tidak berdaya, malas, dan munculnya gejala fisik seperti asam lambung naik, kepala pusing atau malah jadi ngantukan.

Mengerjakan dari sesuatu yang lebih mudah seperti kita makan bubur yang panas, kita makan dari pinggir yang dingin dan lama lama kita bisa makan sampai tengah dan habis. Bisa kita bayangkan jika kita makan dari tengah kemudian lidah kita kepanasan dan kita tidak mampu lagi makan bubur maka bubur tidak habis kita makan karena lidah kita sakit.

kita melakukan dari yang paling mudah adalah langkah riil dari suatu penyelesaian amanah atau masalah. Mengeksekusi sebuah tindakan sangat penting sebagai langkah riil dan melangkah mencapai target yang ingin di capai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.