Pelatihan di Panti Asuhan Mardhotillah Gumpang Kartasura

Asyik juga nglatih sholat dengan range usia yang cukup bervariatif. membuat anak anak senang, dewasa tertarik dan orang tua tidak jenuh.. cukp dengan latihan tumakninah… dengan praktek. sempat ada yang komentar latihan takbir saja saatu jam, itu pun kayaknya belum ada yang bisa… ya syukurlah kalau merasa tidak bisa .. batihn saya. kalau merasa tidak bisa berarti tahu kalau dirinya butuh untuk belajar lebih banyak.
latihan tumakninah ini dimulai dengan cara membaca, syarat tumakninah harus dibaca pelan tidak terlalu cepat selain itu bacaan dilantunkan dengan lembut tidak menghentak hentak, karena lantunan yang lembut akan menstimulasi otak untuk lebih tenang. salah satu peserta yang bernama Farid saya minta untuk maju untuk melantunkan surat alfatihah dengan tumakninah dan dengan tergesa gesa.. ini untuk memudahkan peserta lebih memahami antara membaca yang tumakninah dengan yang tidak tumakninah. kemudian gerakan sholat juga harus tumakninah, dengan gerakan yang pelan dantidak patah patah, semua peserta saya minta untuk berdiri dan mempraktekan berdiri secara mengangkat tangan untuk takbir.
dari pelatihan tumakninah ini secara materi nampaknya sudah tersampaikan namun untuk prakteknya karena jumlah yang terlalu banyak dan usia yang cukup bervariatif maka kesulitan kontrol tiap peserta jadi sangat kurang. pelaithan ini akan dilanjutkan bulan depan insya allah tanggal 18 agustus dengan materi tetap tumakninah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.