Pelatihan Penerapan Pendidikan Karakter Sadar Allah

Pendidikan karakter dalam sebuah institusi pendidikan sangatlah penting, karena karakter adalah kunci utama pendidikan. Pendidikan karakter yang sudah ada pada saat ini belum menyentuh sisi utama dari diri manusia yaitu kesadaran. Pendidikan karakter yang ada saat ini di gunakan, masih berkutat pada masalah kognisi, emosi dan psikomotor. Padahal yang paling menentukan dalam karakter seseorang adalah kesadaran. Kesadaran akan diri, kesadaran menjadi siswa, kesadaran bagian dari warga Negara yang berbangsa dan terutama kesadaran sebagai hamba Allah, Khalifahnya Allah adalah sebuah karakter yang harus ditanamkan dalam setiap prosesi pendidikan. Dengan penanaman kesadaran yang kontinyu ini pendidikan karakter akan selalu terjaga. Kesadaran yang terkativasi akan menstimulasi aspek kognisi emosi dan perilaku, sehingga karakter siswa akan terbentuk menjadi karakter yang unggul dengan berlandaskan kesadaran akan Tuhan.

Pentingnya penanaman kesadaran akan Tuhan sejak dini terutama di lingkungan diperlukan siswa yaitu sebagai objek didik dan guru sebagai subjek didik. Guru harus dapat mendidik kesadaran siswa agar selalu terjaga semangatnya dan siswa harus menerima didikan kesadaran agar dia mampu menjalankan konsep konsep perilaku yang bermoral yang di tanamkan oleh sekolah.

Yayasan solo spirit islam yang bergerak dibidang pendidikan karakter sangat perhatian dengan pendidikan yang berbasis pada kesadaran ini. Maka kami menyusun sebuah modul pendidikan berbasis kesadaran dengan tujuan agar pendidikan karakter siswa di sekolah sekolah dari mulai jenjang terendah PAUD hingga jenjang perguruan tinggi memiliki arah yang jelas, cara yang mudah, kontinyu dan adanya perubahan yang nyata pada diri siswa. Maka kami menyusun sebuah modul “Pendidikan karakter sadar Allah dengan metode dzikir nafas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.