Perbedaan mujahadahnya ahli tarekat dan jamaah dzikir nafas sadar Allah

setiap jalan menuju ke Allah memiliki jalan atau cara masing masing yang menurutnya benar dan dapat mempercepat untuk menuju kepada Allah. Termasuk DNSA atau dzikir nafas sadar Allah, juga memiliki jalan sendiri yang tidak sama dengan pejalan lain seperti di jalur tareket. Jika Di DNSA mujahadah yang di tempuh adalah menjalankan amanah Allah dalam kehidupan, setelah ber DN. Amanah kehidupan ini merupakan jalan yang harus di seriusi atau sungguh sungguh. Misalnya jika amanahnya menjadi suami maka harus di jalankan sebagai suami yang sungguh sungguh, jika sebagai orang tua dari anak anak maka harus benar benar menjadi orang tua yang mendidik dan merawat anak anak. Demikian pula jika menjadi pedagang dimana amanahnya adalah pelanggan atau customer maka harus melayani dengan sungguh sungguh hinggah pelanggan merasakan kepuasan.

Mujahadah ini agak berbeda dengan ahli tarekat dimana ahli tarekat mujahadahnya adalah pada banyaknya jumlah wiridan, bacaan shalawat, puasa hingga sekian hari, atau amalan lain yang bersifat ubudiah.

masing masing jalan akan memiliki keunikan tersendiri dan kita pilih mana yang sesuai dengan kita. jika kita memilih untuk menjalankan amanah dengan apa yang Allah berikan maka sangat sesuai jika anda memilih DNSA sebagai jalur pendakiannya, tapi jika tipe anda adalah suka dengan riyadho berupa wiridan hingga ribuan, puasa hingga berhari hari maka anda cocok dengan jalur tarekat. semua baik asal disertai dengan lurus ke Allah. tidak mencari selamat, tidak mencari kesaktian, tidak mencari kabahagiaan, tapi mencari dimana kita dapat bermakrifat kepada Allah.

2 Replies to “Perbedaan mujahadahnya ahli tarekat dan jamaah dzikir nafas sadar Allah”

  1. Assalamualaikum Bapak Pur
    Skrax semua uraian Bapak ini dapat di bukukan sehingga lebih bermanfaat bagi kami serta nantix akan lebih berguna di kemudian hari untuk generasi berikutx… alhamdulillah n terima kasih Bapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.