Sedekah atau bayar hutang?

kira kira wajib mana antara sedekah dan bayar hutang? kalau lebih wajib membayar hutang berarti lebih baik membayar hutang dari pada sedekah. memang dengan sedekah Allah akan memudahkan urusan urusan kita jika kita ihlas… masalahnya kan jadi lain ketika kita punya hutang kemudian sedekah dengan harapan bahwa sedekah kita bisa melunasi hutang dimana hal ini menyebabkan kita tidak ihlas lagi. Kalau sudah tidak ihlas karena Allah tapi karena hutang bagaimana Allah akan memberikan kemudahan bagi kita untuk melunasi hutang hutang kita.

Hidup itu yang logis logis saja karena semua alam semesta ini bergerak berdasar pada logika atau sunatullah. jadi selesaikan masalah dengan sunatullah itu malah lebih baik dari pada dengan hal hal yang bersifat ghoib sedangkan kita sendiri mungkin dari segi keyakinan kurang.

Boleh menggunakan yang ghoib namun harus disertai dengan keyakinan dan keihlasan yang benar. jangan kita meniru kyai atau ustad yang memang sudah berada pada wilayah yakin dan ihlas pasti dia akan di tolong Allah dengan sedekah sedekah yang beliau jalankan, tapi sekali lagi itu tidak bisa kita tiru begitu saja. akan lebih baik kalau kita sedekah ya niat sedekah saja karena Allah bukan karena hutang atau yang lainnya

baik jadi pilihan kalau saya ada pada bayar hutang dari pada sedekah, tapi bagi bapak kyai atau ustad yang sudah bisa ihlas silahkan untuk banyak sedekah.

2 Comments

  1. aileu 02/08/2014
  2. jamaludin 30/07/2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.