Stamina Amanah

Stamina amanah ini saya umpamakan adalah semangat menjalankan amanah. Semangat ini penting agar kita bisa menjalankan amanah yang kita lakukan. Kadang karena merasa pekerjaan selesai dan tidak ada yang dilakukan lagi maka motivasi ini turun. Maka benar Allah dalam al quran memerintahkan agar setelah selesai satu pekerjaan kita harus segera melakukan pekerjaan berikutnya, hal ini tidak lain adalah untuk menjaga semangat agar tidak drop. Sebab kalau sudah drop maka akan berat untuk memulai suatu pekerjaan. Hal yang seringkali membuat drop adalah karena merasa pekerjaan sudah selesai, dan berehat. Ketika kita sudah menyatakan bahwa pekerjaan sudah selesai maka semangat itu akan terjun payung kalau tidak segera di ikuti dengan melakukan pekerjaan berikutnya.

namun ada cara yang mungkin bisa kita gunakan jika semangat itu ngedrop dan rasanya berat untuk melakukan amanah amanah yang ada di depan mata adalah dengan melakukan hal yang menyenangkan, sederhana namun ada nilai amanah. Misalnya menyirami bunga, mencuci atau membersihkan kendaraan atau yang lainnya. terus mencoba melakukan hal-hal yang sederhana jangan berhenti karena ini akan membuat semangat menjalankan amanah akan meningkat.

membersihkan adalah pekerjaan yang menyenangkan dan amanah dan perintahnya sangat jelas yaitu bahwa kebersihan adalah bagian dari iman. Dengan dasar ini mulailah dengan melakukan pembersihan yang sederhana dan ringan terus bersihkan apa apa coba bersihkan, ada meja bersihkan, mungkin dapur yang kotor dibersihkan atau apalah. Melakukan ini dapat meningkatkan semangat dengan cepat. pokoknya jangan merasa sudah selesai, teruslah menjalankan amanah Allah.

Keuntungan menjalankan amanah dengan semangat ini akan kembali kepada anda sendiri tidak kepada yang lain. Lihat dengan menjalankan amanah bersih bersih maka anda akan senang memandangnya dan orang lain juga senang berada di tempat anda. Anda juga lebih sehat keluarga anda lebih tenang dalam berpikir dan emosi juga akan lebih baik. Artinya bahwa menjalankan amanah akan kembali kepada kita sendiri.

Jika kita tidak melakukan sesuatu maka malas itu akan datang dan itu tandanya anda sedang menderita sebuah penyakit yaitu penyakit malas, siapa yang bisa menyembuhkan , yang bisa menyembuhkan ya kita sendiri tidak orang lain. Orang yang semangat akan merasa bahagia tapi orang yang malas akan stress dan tidak bahagia. Orang malas menunjukkan dadanya tidak longgar, nah untuk melonggarkan dada coba lakukan dan lakukan sesuatu , bergeraklah dengan kaki dan tangan kesana kemari , tangannya ke atas dan kebawah, tentunya gerakan yang ada amanahnya. Atau bergerak saja karena menghilangkan malas dengan bergerak juga termasuk amanah.

Mustahil manusia tidak mempunyai amanah, kalau anda merasa tidak punya amanah pagi ini , sudahkah anda mandi ? sudahkan anda membersihkan tempat tidur anda, atau sudah kah anda sarapan atau sudahkan anda menyirami bunga di kebun anda? kalau belum segera lakukan , just do it, saja tidak perlu berpikir panjang lebar, letakkan pikiran letakkan perasaan dan GO…… okay selamat bergerak ….. jaga stamina amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.