Tips khusyu … dengan mata terbuka

Masalah mata melek ketika sholat atau mata merem ketika sholat memang menjadi polemik yang hangat di kalangan pencari khusyu. kalau merem katanya makruh… artinya ndak boleh dalam sholat (meskipun sebenarnya tidak membatalkan sholat) tapi kalau melek konsentrasi buyar, jadi enak mana enak melek atau enak merem … bingung.. gini saja yang satu melek… satu merem he he…

sekali lagi bahwa yang harus di pegang adalah bahwa khusyu bukanlah konsentrasi tapi kesadaran akan adanya allah, kesadaran ini tidak terletak di mata, kesadaran ini tidak terletak di telinga kesadaran tidak terletak di indera bahkan kesadaran tidak terletak di pikiran maupun di hati. lha terus dimana…? ya di kesadaran itu sendiri.. kalau lebih berani mengatakan ya di Ruh itu sendiri, Ruh itulah yang sadar, sadar itulah yang dikatakan dengan Bashiroh (yang tahu, yang sadar)

Menyadari dapat dilakukan dengan melek ataupun merem karena prinisipnya adalah dimana kau hadapkan wajahmu di situ ada Allah. jadi dimana kita menghadap terserah, mau melek atau merem ada allah hanya wujud Allah yang nampak.

maka malam jumat ini dirumah teman teman akan latihan patrap melek, jadi patrap tapi sambil melek, biasanya kan merem sekarang harus dilatih melek. masak Tuhan hanya nampak di kegelapan, Tuhan nampak di terang maupun gelap.

latihan melek ini berfungsi untuk lebih menguatkan dan lebih trampil dalam mengingat Allah dalam keadaan apapun. ketika sedang bekerja, berkendara, berjalan, berbicara atau bahkan membaca. makanya sholat dimakruhkan untuk merem karena nanti setelah selesai sholat biasanya akan lebih mudah lupa terhadap allah.

Mari kita menyaksikan keberadaan Allah dalam terang, lihat pohon di depan itu…. dulu kecil … kemudian tumbuh .. tumbuh dan tumbuh .. bagaimana mungkin tumbuhan itu bisa tumbuh sendiri … jelas sekali dibalik itu ada yang menumbuhkan, ada yang menggerakkan …  KENAPA SHOLAT HARUS MEMEJAMKAN MATA… MENGAPA KITA TIDAK MNYAKSIKAN ALLAH YANG SEDANG SIBUK. ….

he he… kok jadi serius… santai relaks…

2 thoughts on “Tips khusyu … dengan mata terbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.