Untuk Dik Yazid bin Habib Goib yang menanyakan tentang shalat khusyu apakah masih bisa mendengar

ada sebuah pertanyaan dari dik yazid putra dari Habib Goib Al Aydrus tentang apakah shalat khusyu itu masih mendengar. Dik Yazid ini masih kelas 1 SMP,  pertanyaan akhirnya di sampaikan ke saya melalui Bapaknya tadi di padepokan patrap. jawaban saya untuk dik Yazid, bahwa shalat khusyu itu meluaskan kesadaran bukan keluar dari jasad, karena meluaskan kesadaran maka apa yang masuk ketelinga kita sadar kalau ada suara yang masuk, kemudian sama dengan penglihatan dan indera kita yang lain, semua masih dapat di sadari oleh jiwa kita yang meluas.

Dik Yazid, khusyu itu bukan terletak pada ketenangan, bukan pada heningnya pikiran bukan pada tidak mendengarnya kita terhadap apa apa yang sedang terjadi di sekeliling kita. Khusyu itu ada dua kriteria yang pertama adalah sadar Allah dan yang kedua adalah pasrah kita kepada Allah. Jika dua hal ini dilakukan dalam shalat maka shalat kita tergolong shalat yang khusyu.

Begitu ya Dik Yazid semoga jawaban singkat ini dapat menjawab apa yang dik Yazid tanyakan melalui Bapak Dik Yazid. rajin rajin ber DN ya agar shalatnya tambah khusyu.  Selamat liburan di jogja ya ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.