ketiga guru spiritual saya mengajarkan dzikir nafas secara terpisah

Sebelum saya mengenal kedua guru spiritual saya yaitu Ust Abu dan Pak Haji slamet Utomo, ust Muhammad Muin telah mengajarkan saya bagaimana dizkir nafas sekitar 20an tahun yang lalu, beliau menyampaikan saya tentang dzikir Huu Allah, yang paling saya ingat, beliau mengajarkan dzikir Huu itu ambil nafas dan Allah itu keluar nafas. Huu hampir mirip dengan suara ambil nafas dan Allah hampir sama dengan suara keluar nafas. namun pada waktu itu saya masih belum tahu betul ketinggian ilmu dzikir nafas.

Ust Muhammad Muin al banjari

yang kedua sekitar tahun 2002 Bapak Haji slamet utomo dalam pengajaran patrapnya, saya diajarkan konsep mlebu Allah metu Allah artinya masuk karena Allah dan keluar karena Allah yang dimaksud adalah keluar masuknya nafas ini. pada saat itu saya diajarkan bagaimana nafas ini merupakan gerak Allah yang dapat membawa kita kepada ke fanaan ego.  Pak haji menekankan untuk kita lebur menjadi Alam. pengajaran ini waktu itu hanya saya simpan saja karena masih belum paham benar dengan apa yang beliau maksudkan dengan dzikir mlebu Allah metu Allah, waktu itu saya juga belum mengenal ajaran beliau.

Bp Haji Slamet Utomo

yang terakhir adalah dari Ust Abu sangkan ketika pelatihan di kaliurang jogja 2012 beliau menjelaskan tentang  dzikir nafas, kemudian yang paling berkesan adalah ketika beliau mengajarkan dzikir nafas di rumah makan rasa mirasa bahwa dzikir nafas bukanlah bacaan bacaan dzikir nafas adalah suatu kesadaran. Dari apa yang beliau sampaikan ini saya menuliskannya dalam buku kecil buku dzikir nafas yang merupakan gabungan ajaran ketiga guru saya.

Ust Abu Sangkan

siapapun yang belajar dzikir nafas dari saya, saya wajibkan kirim hadiah fatihah kepada beliau bertiga semoga dengan fatihah ini dapat menjadi penghormatan kita kepada guru saya ini ilmu kita diberkahi Allah. amin.

apa yang saya sampaikan tentang dzikir nafas ini merupakan penggabungan dari ketiga guru saya.

Tingkatan belajar dzikir nafas

dzikir nafas dasar adalah dzikir Huu Allah, level ini mengharuskan murid  benar benar mengamalkannya sehingga memunculkan otomatisasi nafas-dzikir, maksudnya ketika nafas otomatis kita dzikir. Jika sudah dikuasi ilmu ini baru masuk level kedua yaitu kehendak Allah dalam nafas. level ini baru dapat dipelajari jika sudah terjadi otomatisasi tadi. pada level ketiga adalah suatu kesadaran tertinggi bahwa ego lebur dalam nafas, tidak ada lagi ego yang ada hanya self, tidak ada lagi aku yang ada adalah diri, dan diri bukanlah ego.

baik untuk awal ini saya harapkan semua murid diseluruh indonesia untuk mengamalkan dzikir huu Allah hingga terjadi otomatisasi, dan bagi yang sudah bisa silahkan datang ke solo untuk saya uji dan untuk menerima ilmu dzikir nafas level 2. kurikulum ini tidak untuk mempersulit murid belajar, tapi agar ada suatu ketertiban dalam belajar dzikir nafas, sebab ilmu dzikir nafas tidak bersifat fisik tapi jauh kedalam, terkait dengan jiwa dan Ruh.

semoga Allah meridloi metode ini menjadi cara yang paling praktis untuk taqorub dan makrifat kepada Allah amin amin ya rabbal alamin.