menjalankan khusyu semampunya

memaksakan khusyu dalam sholat menyebabkan sholat kita tidak tumakninah. Khusyu itu bertingkat dan kita diperintahkan Allah untuk melakukan sholat khusyu semampu kita. kalau kita belum mencapai khusyu pada taraf tertentu maka santai saja  lakukan dari hal yang paling kita bisa lakukan. Misalnya kita baru mampu khusyu dengan mengendorkan otot ya lakukan itu, jika kita baru bisa sadar Allah ketika sholat hanya sebentar ya lakukan semaksimal mungkin.

khusyu bukanlah syariat, sehingga tidak khusyu pun tidak membatalkan sholat. Khusyu adalah rejeki  yang datangnya dari Allah. Ada orang yang diberi rejeki khusyu yang banyak ada pula yang sedikit. maka bersyukurlah kita jika kita diberi khusyu, dan peliharalah rasa khusyu tadi , pertahankan rasa khusyu itu tadi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 thoughts on “menjalankan khusyu semampunya

  1. Ass wr wb pak pur…iya saya setuju skali bhw khusyu’ adalah rejeki..khusyu’ adalah anugerah Allah,dulu sy sangt penasaran bagaimna sy “bisa khusyu'” dlm sholat trnyata smakin sy menginginkan smakin sy kepikiran jd yg ada bukan malah khusyu’ yg sy dptkan tapi sholat yg sambil berpikir agar khusyu’,jadi malah pikiran saya jadi lebih mendominasi…tapi trnytaa stlah mulai belajar sholat khusyu’ wlpn blm brksmpatan ikut pelatihan dan hanya mlihat di TV pak abu rutin slama bulan dan jg mmbaca bukunya…subhanallah…khusyu’ trnyata adalah anugerah..dg tenang+ focus sadar menyambungkn hati pd Allah ketika akn sholat,bhkn mulai ambil wudlu…awalnya sy yg awam terkaget2 menerima karunia itu,krn bdn sy bergetar2..sstlah itu rasanya hening dan sangat tenang,dan bahkan efek tenangnya smp stlah sholat…hati jd lebih tenang dan tdk mudah grusa-grusu sprti sblmnya …apa pemahaman sy ini sdh benar ya pak pur…?
    Mohon bantuannya agar sy tambah yakin,bhw Allah mnyambut sholat sy.
    Trima ksh

    Wassalam
    Alistya

  2. o.. saya baru tahu. jika khusu itu adalah rejeki dari Alloh SWT. seringkali saya merasa berdosa jika shalat saya tidak khusu.

    trimaksij atas infonya. bagi saya ini sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *