Dampak dari Sombong adalah Meremehkan dan akibatnya fatal

Pandemi atau wabah atau pagebluk, keadaan yang tidak boleh di hadapi dengan sikap sombong. congkak dan meremehkan. Corona benda ghoib, sebab mata kita jugatidak bisa melihat, karena wujudnya adalah virus. Dia menyerang orang orang yang sombong, dan mengakibatkan yang tidak sombong terkena juga. kata orang jawa dalam pepatahnya mengatakan  dalam menghadapi setiap peristiwa pagebluk bahwa jangan berani kalau memang tidak berani, ojo wani wani nek ora wani. Ini adalah ungkapan atau peringatan bahwa kita tidak boleh sombong yang berakibat kepada meremehkan dan menyebabkan keadaan fatal.

Jadi saya ingin menekankan sikap sombong yang terjadi pada saat pandemi ini. Pelajaran pelajaran kesombongan dapat kita lihat dari kasus di negara negara yang merasa dirinya “terbebas dan tidak mungkin tertular” dan apa akibatnya dari sikap meremehkan ini, maka negara tersebut terkena virus yang luar biasa yang mengakibatkan jumlah kematian yang banyak di negara tersebut.

Kalau ada peringatan untuk lockdown jangan sombong, hargai yang memberi peringatan itu dengan memenuhi perintahnya dan tetap di rumah, jika ada keperluan mendesak hargailah dengan memakai masker atau lainnya. Ini adalah sikap menjaga agar kita tidak sombong dan merasa tidak akan tertular. Dalam kasus pandemi ini sebaiknya kita tidak sombong dan tetap merendahkan diri.

yang memperingatkan untuk lockdown adalah mereka yang menjalankan amanah, amanah sebagai pemimpin, amanah sebagai tenaga medis dan lainnya. Orang yang menjalankan amanah ini kalau kita lawan maka kita akan bisa kualat terhadap mereka, dan kesialan akan terjadi kepada siapa saja yang melawan orang orang yang amanah menjalankan perintah dari Allah.

baik semoga kita dilindungi dari kesombongan amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.